A. Penjumlahan pada Bilangan Bulat
a.
Penjumlahan dengan alat bantu
Dalam menghitung hasil penjumlahan
dua bilangan bulat, dapat digunakan dengan menggunakan garis bilangan. Bilangan
yang dijumlahkan digambarkan dengan anak panah dengan arah sesuai dengan
bilangan tersebut. Apabila bilangan positif, anak panah menunjuk ke arah kanan.
Sebaliknya, apabila bilangan negatif, anak panah menunjuk ke arah kiri.
Contoh:
Hitunglah hasil penjumlahan berikut dengan menggunakan garis
bilangan!
1). 6 + (–8) = …
Untuk menghitung 6 + (–8), langkah-langkahnya sebagai
berikut.
(a) Gambarlah
anak panah dari angka 0 sejauh 6 satuan ke kanan sampai pada angka 6.
(b) Gambarlah
anak panah tadi dari angka 6 sejauh 8 satuan ke kiri.
(c) Hasilnya, 6 + (–8) = –2.
2). (–3) + (–4) = …
Untuk menghitung (–3) + (–4), langkah-langkahnya sebagai
berikut.
(a) Gambarlah
anak panah dari 0 sejauh 3 satuan ke kiri sampai pada angka –3.
(b) Gambarlah
anak panah tadi dari angka –3 sejauh 4 satuan ke kiri.
(c) Hasilnya, (–3) + (–4) = –7.
b.
Penjumlahan tanpa alat bantu
Penjumlahan pada bilangan yang
bernilai kecil dapat dilakukan dengan bantuan garis bilangan. Namun, untuk
bilangan-bilangan yang bernilai besar, hal itu tidak dapat dilakukan. Oleh
karena itu, kita harus dapat menjumlahkan bilangan bulat tanpa alat bantu.
1) Kedua bilangan bertanda
sama
Jika kedua bilangan bertanda
sama (keduanya bilangan positif atau keduanya bilangan negatif), jumlahkan
kedua bilangan tersebut. Hasilnya berilah tanda sama dengan tanda kedua
bilangan.
Contoh:
a) 125 + 234 = 359
b) –58 + (–72) = –(58 + 72) = –130
2) Kedua bilangan berlawanan
tanda
Jika kedua bilangan berlawanan
tanda (bilangan positif dan bilangan negatif), kurangi bilangan yang bernilai
lebih besar dengan bilangan yang bernilai lebih kecil tanpa memerhatikan tanda.
Hasilnya, berilah tanda sesuai bilangan yang bernilai lebih besar.
Contoh:
a) 75 + (–90) = –(90 – 75) = –15
b) (–63) + 125 = 125 – 63 = 62
B. Sifat-Sifat Penjumlahan Bilangan Bulat
a. Sifat tertutup
Pada penjumlahan bilangan
bulat, selalu menghasilkan bilangan bulat juga. Hal ini dapat dituliskan
sebagai berikut:
Untuk setiap bilangan bulat a
dan b, berlaku a + b = c dengan c juga
bilangan bulat.
Contoh:
1).
–16 + 25 = 9
–16 dan 25 merupakan bilangan bulat.
9 juga merupakan bilangan bulat.
2). 24 + (–8) = 16
24 dan –8 merupakan bilangan bulat.
16 juga merupakan bilangan bulat.
b. Sifat komutatif
Sifat komutatif disebut juga sifat
pertukaran. Penjumlahan dua bilangan bulat selalu diperoleh hasil yang sama
walaupun kedua bilangan tersebut dipertukarkan tempatnya. Hal ini dapat
dituliskan sebagai berikut:
Untuk setiap bilangan bulat a
dan b, selalu berlaku a + b = b + a.
Contoh:
1). 6 + 5 = 5 + 6 = 11
2). (–7) + 4 = 4 + (–7) = –3
3). 8 + (–12) = (–12) + 8 = –4
4). (–9) + (–11) = (–11) + (–9) = –20
c. Mempunyai unsur identitas
Bilangan 0 (nol) merupakan unsur
identitas pada penjumlahan. Artinya, untuk sebarang bilangan bulat apabila
ditambah 0 (nol), hasilnya adalah bilangan itu sendiri. Hal ini dapat
dituliskan sebagai berikut.
Untuk sebarang bilangan bulat a,
selalu berlaku a + 0 = 0 + a = a.
d. Sifat asosiatif
Sifat asosiatif disebut juga sifat
pengelompokan. Sifat ini dapat dituliskan sebagai berikut.
Untuk setiap bilangan bulat a,
b, dan c, berlaku (a + b) + c = a + (b
+ c).
Contoh:
1). (4 + (–5)) + 6
= –1 + 6 = 5
4 + ((–5) + 6) = 4 + 1 = 5
Jadi, (4 + (–5)) + 6 = 4 + ((–5) + 6).
2). (–3 + (–9)) + 10 = –12 + 10 = –2
–3 + ((–9) + 10) = –3 + 1 = –2
Jadi, (–3 + (–9)) + 10 = –3 + ((–9) +
10).
e. Mempunyai invers
Invers suatu bilangan artinya lawan
dari bilangan tersebut. Suatu bilangan dikatakan mempunyai invers jumlah,
apabila hasil penjumlahan bilangan tersebut dengan inversnya (lawannya)
merupakan unsur identitas (0 (nol)). Lawan dari a adalah –a,
sedangkan lawan dari –a adalah a.
Dengan kata lain, untuk setiap
bilangan bulat selain nol pasti mempunyai lawan, sedemikian sehingga berlaku: a
+ (–a) = (–a) + a = 0.
C. Pengurangan pada Bilangan Bulat
Seperti pada penjumlahan bilangan
bulat, untuk menghitung hasil pengurangan dua bilangan bulat dapat digunakan
bantuan garis bilangan. Namun sebelumnya coba kalian ingat kembali materi di
tingkat sekolah dasar, bahwa operasi pengurangan merupakan penjumlahan dengan
lawan bilangan pengurang.
Perhatikan uraian berikut.
a.
Pengurangan dinyatakan sebagai penjumlahan dengan lawan bilangan pengurang
Bandingkan hasil penjumlahan dan
pengurangan berikut.
1).
4 – 3 = …
2).
4 + (–3) = …
3). –5 – (–2) = …
Dari perbandingan di atas, diperoleh hubungan sebagai
berikut.
4 – 3 = 4 + (–3) = 1
–5 – (–2) = –5 + 2 = –3
Pada pengurangan bilangan bulat, mengurangi
dengan suatu bilangan sama artinya dengan menambah dengan lawan
pengurangnya. Secara umum, dapat dituliskan sebagai berikut.
Untuk setiap bilangan bulat a dan b, maka
berlaku: a – b = a + (–b).
Contoh:
1).
7 – 9 = 7 + (–9) = –2
2).
–8 – 6 = –8 + (–6) = –14
3). 15 – (–5) = 15 + 5 = 20
4).
–12 – (–6) = –12 + 6 = –6
Pada contoh di atas dapat kalian
lihat bahwa hasil dari pengurangan dua bilangan bulat, juga menghasilkan
bilangan bulat. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pada operasi pengurangan
bilangan bulat berlaku sifat tertutup.
b. Pengurangan dengan alat bantu
Berdasarkan penjelasan di atas,
pelajarilah cara menghitung hasil pengurangan dua bilangan bulat dengan bantuan
garis bilangan berikut ini.
Contoh:
1). 4 – 7 = …
Untuk menghitung 4 – 7,
langkah-langkahnya sebagai berikut.
(a) Gambarlah anak panah dari angka 0
sejauh 4 satuan ke kanan sampai pada angka 4.
(b) Gambarlah anak panah tersebut dari
angka 4 sejauh 7 satuan ke kiri sampai pada angka –3.
(c) Hasilnya, 4 – 7 = –3.
2). –3 – (–5) = …
Penyelesaian:
Langkah-langkah untuk menghitung –3 – (–5) sebagai
berikut.
(a) Gambarlah
anak panah dari angka 0 sejauh 3 satuan ke kiri sampai pada angka –3.
(b) Gambarlah
anak panah tersebut dari angka –3 sejauh 5 satuan ke kanan sampai pada angka 2.
(c) Hasilnya, –3 – (–5) = 2.
Lihat Juga:
MATERI SMP KELAS VII - BILANGAN BULAT (PENGERTIAN BILANGAN BULAT)
MATERI SMP KELAS VII - BILANGAN BULAT (OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT)
MATERI SMP KELAS VII - BILANGAN BULAT (PENGERTIAN BILANGAN BULAT)
MATERI SMP KELAS VII - BILANGAN BULAT (OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT)
DAFTAR PUSTAKA
Nuharini,
Dewi. 2008. Matematika
1: Konsep dan Aplikasinya: untuk Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
BERIKAN TANGGAPAN ATAU PERTANYAAN UNTUK TULISAN INI.